Friday, July 4, 2014

SLEEP PARALYSIS MASIH MENJADI MISTERI DAN SELALU MENGHANTUI BEBERAPA ORANG

Tidur merupakan suatu aktifitas pasif yang dilakukan orang untuk beristirahat sementara. Namun, terkadang beberapa orang merasakan perbedaan saat tidur. Perbedaan yang dimaksud adalah orang terbangun dari tidur, tetapi sulit bergerak ataupun berteriak, seperti mereka ingin bangun dari tidurnya, namun ada sesuatu yang menahan mereka.

APA ITU SLEEP PARALYSIS?
Sleep Paralysis merupakan suatu keadaan manusia dalam setengah sadar, sehingga Ia terjebak dalam keadaan sadar dalam dunia nyata dan manusia tidak sadar dalam dunia nyata atau sadar dalam dunia mimpinya. Orang yang mengalaminya tentu sangat mengerikan, karena pada status Sleep Paralysis, mereka mendapatkan penglihatan dan pendengaran yang mengerikan dan menyeramkan, dalam mata tertutup dan setengah sadar, mereka mendengar suara aneh seperti ketukan pintu, meja, lantai yang berulang-ulang namun semakin keras, dan mendapat penglihatan seperti wajah yang menyeramkan. Sleep Paralysis dapat terjadi pada laki-laki dan perempuan dan gangguan tidur ini pertama kali dapat terjadi pada usia 14 – 18 tahun.

PANDANGAN TENTANG SLEEP PARALYSIS
Menurut medis, Sleep Paralysis merupakan suatu keadaan di mana seseorang mendapat tidur lumpuh yang disebabkan oleh keadaan fisik mereka yang sangat lelah. Sehingga mereka tidak bisa melakukan apa-apa karena kondisi tubuh yang sangat lemah dan saraf tidak respon secara penuh. Mereka hanya dapat diam selama 1 menit hingga 3 menit dalam keadaan setengah sadar. Namun sangat menyakitkan jika mereka diam, karena mereka mendapat penglihatan dan pendengaran yang mengerikan, terkecuali mereka dapat menahan dan menghadapinya.

Menurut kepercayaan dahulu, Sleep Paralysis disebabkan oleh aktifitas roh atau jin. Mereka yang mengalaminya, disebabkan oleh tindihan roh yang datang pada mereka dan menahannya hingga mereka tidak bisa melakukan apa pun, seperti dada mereka ditahan hingga sesak nafas. Tindihan berlangsung dalam hitungan detik hingga menit. Pada saat itu, mata mereka tertutup namun dalam kondisi setengah sadar dan keadaan tersebut membawa mereka untuk mengalami halusinasi, seperti melihat bayangan hitam di sekitar tempat tidur dan suara aneh.

Kesimpulannya gangguan tidur ini masih merupakan hal yang misterius saat ini. Banyak peneliti telah mengemukakan hasil penelitian mereka, namun tidak selalu penelitian mereka benar, karena belum ada bukti yang jelas. Beberapa orang juga percaya gangguan tidur ini disebabkan oleh roh jahat. Namun, tidak juga semua roh jahat, karena ada yang mengatakan bahwa tindihan roh ini berasal dari roh keturunan kita atau roh keluarga kita yang telah meninggal lamanya. Beberapa orang juga mengatakan bahwa mereka yang mengalaminya, pernah melihat sosok alien di sekitar mereka.

APAKAH SLEEP PARALYSIS BERBAHAYA?
Gangguan tidur ini tentu perlu diwaspadai dan jangan dianggap remeh juga. Meski biasa terjadi, gangguan tidur ini merupakan pertanda narcolepsy, yaitu serangan tidur mendadak tanpa adanya tanda mengantuk. Dalam keadaan tubuh yang sangat lelah, mereka dapat mengalaminya secara cepat, pada saat mereka baring di tempat tidur, mereka belum memejamkan mata mereka, namun pada hitungan detik, mereka akan tidak sengaja memejamkan mata karena sudah merasa sangat lelah, dan pada saat itu mereka mendapat penglihatan gelap dan mendengar suara-suara aneh seperti bunyi ketukan pintu, bunyi gesekan pisau, suara teriakan perempuan yang semakin keras dan suara aneh lainnya. Tentunya, semua suara dan penglihatan merupakan halusinasi mereka saat tahap Sleep Paralysis.

Pada umumnya, penyebab Sleep Paralysis adalah kurangnya tidur seseorang, perlu diketahui, kebutuhan tidur seseorang adalah 8-10 jam setiap malam. Sleep Paralysis selalu dan biasanya terjadi pada cara posisi tidur seseorang, pada umumnya terjadi pada posisi tidur telentang (wajah menghadap keatas seperti seseorang yang terlelap dalam tidurnya).

MITOS SLEEP PARALYSIS DI BERBAGAI NEGARA

  • Meksiko, disebut ‘se me subio el muerto’. Sebuah kepercayaan sebagai kejadian adanya arwah orang yang meninggal dan menempel pada seseorang.
  • Islandia, disebut ‘mara’ yaitu hantu yang menduduki dada seseorang di malam hari dan hantu tersebut berusaha membuat orang tersebut sesak nafas hingga mati.
  • Jepang, yaitu ‘karabasan’. Kepercayaan yang menyebutkan seseorang yang diikat oleh roh sehingga tidak dapat melakukan apa-apa.
  • China, disebut ‘gui ya shen’ yaitu gangguan hantu atau roh yang menekan tubuh seseorang.
  • Afro-Amerika, gangguan tidur ini disebut ‘the devil riding your back’. Roh atau hantu yang sedang menaiki bahu seseorang.
  • New Guinea, gangguan tidur ini merupakan suatu fenomena yang disebut ‘Suk Ninmyo’. Pohon keramat yang hidup dari roh manusia dan memakan roh manusia di malam hari agar tidak mengganggu manusia di siang hari. Namun, biasanya orang yang sedang diburu pohon ini akan terbangun dan terjadi Sleep Paralysis.

0 comments:

Post a Comment

Please comment my blog, give your opinion!
Thanks Yeah!

Search

Total Pageviews

Terry Admaja - Paralavka Production 2014. Powered by Blogger.

Translate

Popular Posts

About Me

My photo
I am into Programming, and Apps Development.

Blogroll

Share Button